Vespa PTS 1976

Mar 9, 2011 by

Bodi vespa pts 1976Special project kali ini akan membahas sohib kita yang doyan “ngupiel” hehehe..

doi lagi ngebangun Vespa PTS keluaran taun 1976.barang yang ditebus seharga 2jt ini terbilang cukup langka, tapi ngga apa yang penting surat-suratnya lengkap.

Kendala surat belum selesai soalnya BPKB ama STNK aslinya dari Solo (AD) sedangkan gue domisili di bali, gimana caranya biar bisa jadi DK nich katanya pusing..

Proses pengerjaan semuanya dilakukan bertahap dengan tujuan mengembalikan bentuknya ke bentuk asli PTS alias back to original model waktu jaman 1976 gitu deh.. kesulitan buat nyari barang original kerap ditemukan misalnya komponen mesin yang boleh dibilang waktu nebus vespa dalam keadaan mati.

Mesin Vespa PTS 1976Semua komponen mesin diperbarui, ada yang dibubut ulang ada yang diganti baru. Bagian yang sedikit rumit adalah di karburator, karburator yang sekarang banjir terus, sama susah langsangmnya, masih perlu disetel ulang agar pembakarannya sempurna, klo ngga bisa sempurna yang penting mau langsam aje dech hehehe.. soalnya lumayan susah nyari karburator pts, boro-boro beli karburator, nawar beli jok aja ngga dikasih ama yang jualan “huss… beli onderdil pts ngga boleh nawar” begitu kata yang dagang buset dah galak amat bang.. apa boleh buat emang model jarang terpaksa ditebus juga.

Untuk bagian bodi vespa begini nich ceritanya, bodi dikerok setelah bagian yang keropos diganti plat dan dilas kembali, bentuk yang kurang rapih digetok agar rapih dengan tujuan meminimalkan penggunaan dempul. Proses pengerokan menggunakan paint remover alias soda api. Hasilnya seluruh permukaan plat terlihat lumayan mulus

Batok Lampu vespa PTSBodi samping pts 1976tampak depanTutup Mesin Vespa PTS

Bro.. vespa masuk kamar ya.. ? saking sayangnya si pts disimpen jadi temen tidur dikamar, maklum kawan kita masih bujang.. kawin ma udah cuma nikahnya yang belon hehehe bukan begitu brow.. becanda dikit.. :P

Ngga dibiarkan lama selang 2 hari bodi vespa selanjutnya disiram epoxy, agar plat yang sudah terbuka tidak kambali berkarat, karena dibiarkan terlalu lama. Bodi vespa dilap dicuci kembali dengan air sabun kemudian dikeringkan menggunakan angin kompressor, setelah yakin bodi kering kemudian seluruh permukaan bodi dilap dengan thinner untuk memastikan bahwa tidak ada sisa-sisa kotoran berupa oli atau apapun, kemudian barulah di lapisi dengan cat dasar Epoxy.

Bodi cat Epoxytutup bagasi pts 1976sepakbor depan pts 1976tutup bagasi epoxy

Masih ada yang kurang yaitu kepala si pts, maunya ganti pake kepala bunder (lampu bunder), klo ada rekan-rekan yang tau dimanakah sikepala bunder berada bisa kirim info keredaksi duniabengkel, soalnya sikepala kotak sedikit sompal dibagian lampunya, maunya ganti kira-kira begitu pesan siempunya pts.

468 ad

Leave a Comment

8