service visco fan

Jul 15, 2009 by

Kipas pendingin radiator yang ini berbeda dengan kipas lain, kipas ini mampu berputar 2 kali lipat lebih cepat dari putaran mesin bila dibandingkan dengan kipas konvensional lain. Namun apa yang terjadi bila kipas ini rusak..? kipas terasa los hanya berputar lemah.

failUntuk mengganti kipas ini juga tidak murah, kebanyakan dari para mekanik merekondisi kipas ini. Kali ini saya akan berikan tips untuk merekondisi visco fan milik cherokee/wrangler.

Kebanyakan kipas rusak akibat usia, kita bisa mengakalinya dengan cara mengganti cairan yang terdapat didalam visco dengan silicon oil, silicon oil ini akan berubah kekentalannya sesuai dengan panas mesin, semakin panas suhu mesin maka silicon oil akan semakin mengikat.

Terlebih dahulu kipas dilepas dari waterpump, kemudian periksa dengan teliti kondisi bilah kipas, yang dilanjutkan dengan memeriksa bagian visco seperti diperlihatkan pada gambar berikut ini..

Periksa apakah as kipas masih baik dan tidak ada oli yang merembes.

lubang_fanBuat lubang kecil menggunakan bor dengan diameter kecil kira-kira berukuran 1mm pada bagian yang ditunjukan pada gambar disamping kiri, usahakan lubang yang anda buat berbentuk tirus agar mudah untuk menutupnya setelah menyuntikan cairan silicon oil kedalam visco fan.

Suntuk cairan silicon kedalam lubang, sambil memutar as pegangan baut yang menempel pada waterpump, anda akan merasa as yang anda putar lebih berat dari sebelumnya, bila ini sudah terjadi maka cairan silicon sudah masuk dan cukup — jadi tidak usah sampai penuh mengisi silicon oil, hanya sampai as terasa berat, bila silicon oil kepenuhan maka tidak ada ruang untuk mengembang dan akan terjadi kompresi didalam ruang yang dapat menimbulkan kebocoran pada seal.fanclutch

Kemudian tutup lubang bekas bor tadi menggunakan solder dan timah panas. Dan pasang kembali kipas dan visco. Bila kerusakan juga terjadi pada kipas ada baiknya anda melanjutkan pemeriksaan ke waterpump, karena sistem ini berhubungan langsung dengan waterpump.

Related Posts

Tags

Share This

468 ad

11 Comments

  1. saprie

    gan..mau tanya, mobil sy kijang super 87, masalahnya visco radiator baru diganto slikonnya tapi kata montir kipasnya lemah lagi (angin lemah)jadi temperatur mesin cepat panas, jadi disuruh ganti saja, dimana ya sy mau beli visco tsb..atau agan ada barangnya ..sekalian berapa harganya …tks gan

    • saprie

      tambahan gan… sebelumnya dgn montir yg lain di akali daun kipasnya dipotong kira 1,5 cm lebarnya spy kipas tdk terlalu mepet dgn radiator… ini upaya spy angin lebih besar ruangnya …apa cara ini bermanfaat, skrg oleh montir pertama dicek dan katanya kipas lemah lagi jadi disuruh ganti aja… demikian gan mohon sarannya tks

  2. A. Manaf

    Terima kasih ada kesempatan tanya
    saya pengguna opel vectra 1997, pada saat service AC, fan diubah/di jump sehingga begitu mesin hidup langsung fan on, ada 2 bulan tidak ada masalah tapi setelah itu temperatur selalu menunjukkan angka 100-102, apakah fannya udah lemah mohon pencerahan!

  3. tisna kuswara

    saya menggunakan kijang 1996/1800 cc.
    baru saja saya ganti radiator karena sudah keropos, tapi panasnya masih di atas pertengahan meter.
    apakah visco fan tidak berfungsi? apa tandanya?
    terima kasih.

    • untuk ngecek visco fan gampang sob..
      visco fan akan bergerak lebih kencang pada saat kondisi mesin panas, ini ditandai dengan visco yang berat diputar pada saat mesin panas.
      visco fan pada saat kondisi mesin dingin bila diputar dengan tangan akan terasa ringan (seperti los) ini bertujuan agar mesin mencapai suhu kerja, dan pada saat panas cairan silicon oil yang terdapat didalam visco fan akan mengunci dan membuat putaran kipas semakin kencang.

  4. Asadi

    Terima kasih atas kesempatan untuk bertanya.
    Yang akan saya tanyakan tentang visco fan Kijang Kapsul 1997. Perna dibongkar di bengkel dan diberi cairan silicon. Setelah itu, saya mendengarkan bunyi dengung pada mesin? atau putaran tali kipas. Apakah bunyi dengung disebebkan adanya kehausan pada visco fan. Sebelumnya bunyi dengung kadang muncul, kadang tidak.
    Mohon analisanya. Terima kasih

    Wass
    Asadi-Bogor

    • Bunyi dengung yang anda dengar memang datang dari kipas, sebelumnya anda tidak mendengar bunyi dengung tersebut karena visco anda lemah, jadi suara dengung pada saat kipas berputar tidak kencang – angin yang dihasilkan juga rendah, nah sekarang angin yang dihasilkan kipas besar sehingga dengung anda dengar :)

      • Alfon

        Pengalaman saya sama, setelah AC lama tak service, ama si bengkel AC visco di bongkar dan tambah / ganti silicon sampai 2 tube, hasilnya kijang ane berisik hingga lebih kurang 2 tahun, …. dilema emang AC dingin terus tapi bonusnya mesin gemuruh berisik, peredam aja tembus ? apakah ada alternatif lain bro ? bentar lagi jatuh tempo service AC nih, biasanya ya di gituin, jika si kipas agak ngelos diputar tangan. ? apa kondisi yg gak enak pilihannya tersebut musti dilalui dengan pasrah gitu ?

  5. muhammad

    mau tanya indikator check engine wrangler nyala terus?

    • D.B

      ada yang salah dengan sistem sensornya pak..
      diperlukan alat yang namanya OBD (on board diagnostic) klo yang khusus buat jeep namanya DRB, dengan alat itu baru ketahuan sensor mana yang mengalami gangguan.

      ada cara manual yaitu dengan cara On – Off, On – Off, On – Off (sebanyak 3 kali) kemudian check engine akan berkedip (kode morse) dengan kode tersebut akan dapat diketahui juga kesalahan pada sensor apa, cuma repotnya daftar kode morse ada banyak sekali pak jadi ngga mungkin saya jelaskan disini

  6. Herman

    Dear Suhu,
    Trims atas sharing informasinya, boleh tahu silicon oil yg digunakan merk apa ya ? dan bisa beli dimana ? apa dijual bebas ?
    Terimakasih,
    Salam

Leave a Comment

8