Obeng Getok Dan Manfaatnya

Jul 20, 2010 by

Obeng getok merupakan inovasi dari obeng plus maupun obeng minus yang sudah ada. Dari permasalahan yang sering timbul saat menggunakan obeng plus dan obeng minus dengan tenaga tangan akhirnya obeng ketok dibuat untuk mempringan kerja.

Obeng ketok merupakan perkakas khusus yang didesain khusus untuk membuka baut keras, dengan menggunakan obeng ketok baut – baut keras seperti yang terdapat pada blok mesin atau juga pada kolter bisa dibuka dengan mudah. Seperti namanya obeng getok bekerja dengan getokan atau hentakan yang terjadi pada ujung obeng tersebut. Hentakan tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan palu.

Cara kerja obeng getok sebenarnya sama juga seperti obeng – obeng yang lain. Berdasarkan putaran untuk membuka baut yang keras dan susah dibuka. Pada ujung bawah dari badan obeng getok terdapat mekanisme sliding, jika ujung atas badan obeng getok mendapatkan pukulan, selanjutnya akan menyebabkan sliding pada ujung bawahnya yang berakibat berputarnya ujung obeng getok.

Jenis ujung obeng getok juga bermacam – macam dan bisa diganti – ganti sesuai dengan baut yang akan kita lepas. Misalkan baut yang akan kita lepas baut plus maka kita pasangkan ujung obeng getok dengan model ujung plus, pilih ujung obeng yang sesuai dengan ukuran baut yang akan dilepas. Jika ujung obeng dan baut tidak pas akan berakibat baut menjadi rusak, atau bisa juga ujung obeng getok yang akan rusak.

Pilihlah obeng getok yang mempunyai kualitas baik, kualitas baik bisa dilihat dari material pembuatnya. Material yang baik akan mampu dipakai untuk membuka baut yang keras dan susah tanpa menyebabkan kerusakan pada baut maupun obeng getoknya.

Related Posts

Share This

468 ad

1 Comment

  1. izul

    perlu beli obeng ketok juga ni, sering kesulitan untuk membuka baut motor ketika dari bengkel

Leave a Comment

6