Mengembalikan Engine Mobil? Gunakan Ultrasonik Cleaner

May 25, 2011 by

Mobil kita perlu mendapatkan perawatan yang teratur, jangan sampai kemampuan kerjanya berkurang karena tidak pernah dirawat. Lakukan servis rutin di bengkel mobil resmi ataupun bengkel rekanan yang terpercaya, sehingga mobil kita akan selalu dalam kondisi fit.

Yang perlu mendapatkan perhatian khusus saat melakukan servis rutin di bengkel mobil adalah sistem bahan bakar dan juga sistem pengapian, karena dua komponen ini sangat vital peranannya pada sebuah mobil.

Dengan kondisi bahan bakar dan pengapian yang optimal, mobil ramah lingkungan akan bisa kita wujudkan. Karena dengan bahan bakar yang tepat ditunjang dengan pengapian yang pas pula, pembakaran akan terjadi dengan sempurna, sehingga tidak akan menghasilkan sisa pembakaran yang merugikan lingkungan.

Komponen bahan bakar meliputi tangki bahan bakar dan karburator, karburator sebagai pengabut bahan bakar untuk mesin konvensional peranannya sangat menentukan kualitas bahan bakar yang dikirim ke ruang bakar. Untuk itu kebersihan komponen tersebut harus selalu dijaga, jangan sampai debu ataupun kotoran menempel. Tidak kalah penting mesin yang telah menggunakan sistem bahan bakar injeksi, perawatan kebersihan injektornya pun harus selalu diperhatikan.

Karena karburator ataupun injector terdiri dari saluran yang sangat kecil, sehingga jika saluran tersumbat akan menyebabkan campuran bahan bakar dan udara menjadi terganggu. Yang pada akhirnya proses pembakaran menjadi tidak sempurna dan mesin boros dengan bensin.

Begitu juga dengan sistem pengapian, busi sebagai komponen pemantik atau pembakar pada ruang bakar harus selalu dipantau. Saat melakukan servis di bengkel mobil jangan lupa mengecek kondisi busi, jika sudah kotor, bersihkan dan setel kembali kerenggangan businya.

Untuk membersihkan kotoran kerak maupun debu yang menempel di kedua komponen tersebut gunakan pembersih khusus yang mampu melarutkan kotoran tang susah untuk larut. Bisa menggunakan carburetor cleaner ataupun yang terbaru saat ini dengan  menggunakan ultrasonic cleaner.

Ultrasonic Cleaneer adalah alat untuk membersihkan dengan menggunakan gelombang ultrasonic sehingga kita tidak perlu repot menggosok atau mengeruk kotoran yang nempel pada barang yang sulit untuk dibersihkan. Dengan ultrasonic cleaner proses pembersihan kerak – kerak yang menempel pada komponen – komponen tersebut akan lebih mudah.

468 ad

Leave a Comment

1