Memilih Perangkat Kelistrikan Di Mobil

Oct 7, 2010 by

Perangkat kelistrikan yang kita pasangkan di mobil akan menentukan keawetan baterai yang kita pakai. Disamping itu dengan pemilihan perangkat kelistrikan yang pas konsumsi bahan bakarpun juga bisa ditekan. Perangkat kelistrikan apa saja yang biasa dipakai oleh para pemilik mobil?

Yang banyak dipakai oleh para pemilik mobil pada mobilnya adalah perangkat audio mobil. Perangkat ini meskipun dari pabrikan sudah disertakan tapi masih banyak juga yang kurang puas, sehingga akhirnya mereka memilih mengganti perangkat audio mobil mereka dengan yang mempunyai daya lebih besar. Tujuannya sudah jelas memnghasilkan suara yang lebih mantap.

Tapi kita tidak boleh sembarangan dalam memilih perangkat audio mobil tersebut. Salah perhitungan bisa menyebabkan aki menjadi tekor, atau bahkan bisa juga menyebabkan tejadinya kebakaran jika instalasinya kurang tertata dengan baik. Untuk itu pemilihan bengkel audio yang baik juga menjadi salah satu hal yang ahrus kita perhatikan juga.

Perangkat kelistrikan yang lain yang biasa dilakukan penggantian adalah adalah pemakaian lampu mobil tambahan. Lampu kabut merupakan salah satu lampu penerangan yang keberadaannya diperuntukkan saat kondisi berkabut. Dengan menggunakan lampu kabut setebal apa kabut yang kita lewati setidaknya kita masih bisa melihat jalanan.

Dan banyak juga yang mengaplikasi lampu penerangan type lampu xenon, dengan lampu xenon tersebut hasil penerangan akan lebih baik yang akhirnya pandangan terhadap jalanpun akan lebih baik. Dengan pemasangan variasi lampu yang perlu kita perhatikan adalah kapasitas dan daya (watt). Jika daya yang kita pasangkan terlalu besar nanti akan berakibat nyala lampu menjadi redup, begitu juga jika daya lampu yang kita pasangkan terlalu kecil akan berakibat lampu cepat terbakar karena panas. Untuk itu sebelum memasangkan perangkat lampu sebaiknya cek terlebih dahulu dayanya.

Untuk amannya sebaiknya dalam rangkaian tersebut dipasangkan sekering, dengan ukuran yang sesuai. Jika sekering yang kita pasang tidak sesuai juga akan beresiko terjadinya konsleting jika kelebihan beban.

Dengan pemasangan perangkat – perangkat kelistrikan moibl tersebut sudah pasti arus yang dibutuhkan juga akan semakin besar, ada baiknya alternator mobil kita ganti dengan yang lebih besar sehingga akan mampu mensuplay kebutuhan arus listrik untuk perangkat kelistrikan yang kita pasang.

Related Posts

Share This

468 ad

0 Comments

Trackbacks/Pingbacks

  1. Lampu Mobil | Halogen | H4, H3 | Dunia Bengkel - [...] juga bohlam lampu h4 cadangan dan sekering, sewaktu – waktu lampu penerangan mati di jalan kita bisa langsung [...]

Leave a Comment

8