Membaca Ukuran Kabel

Sep 7, 2009 by

awg_1Kabel body mobil dan kabel untuk stereo mobil anda memiliki ukuran yang pantang untuk diganti sembarangan. AWG (american wire gage) adalah standar yang digunakan dalam menentukan besar kecilnya kabel yang akan digunakan untuk sebuah perangkat kelistrikan.

Seperti kita ketahui kelistrikan dimobil antara lain ada lampu, klakson, lampu rem, a/c, kipas radiator, dan masih banyak lagi yang lainnya. Masing-masing perangkat ini memerlukan ukuran kabel yang berbeda, fungsi utamanya adalah agar aman dan efisien dalam penggunaan matrial kabel.

berdasarkan urutannya kabel AWG sebagai berikut

CableYellowKabel dengan diameter paling besar adalah kabel dengan ukuran 0AWG. Kabel ini mampu mengalirkan arus sebesar 170Ampere (2040watt), penggunaan kabel ini pada umumnya adalah pada mesin-mesin generator, jarang digunakan pada kendaraan pada umumnya. Pada sebagian kendaraan kabel berukuran 0AWG digunakan sebagai kabel stater, namun kini seiring perkembangan teknologi, penggunaan kabel berukuran lebih kecil mulai banyak digunakan

Kabel yang paling banyak dan sering digunakan adalah kabel dengan kisaran ukuran 8awg – 14 awg.

Perhatikan tabel berikut ini

Ukuran (Awg)
Arus (A)
Ukuran (Awg)
Arus (A)
Ukuran (Awg)
Arus (A)
0 AWG
170
6 AWG
75
12 AWG
20
1 AWG
150
7 AWG 60 13 AWG 17
2 AWG
130
8 AWG
55
14 AWG
15
3 AWG
110
9 AWG 50 15 AWG 12
4 AWG
95
10 AWG
40
16 AWG
10
5 AWG 80 11 AWG 30

Rumus umum Volt x Ampere = WATT
voltase dimobil kita adalah 12 Volt, beda sama voltase dirumah yang besarnya 220volt

Nah sekarang setelah kita ketahui dasarnya, ternyata tidak terlalu rumit.  Sebagai contoh lampu mobil (headlight) bawaan pabrik biasanya memiliki watt sebesar 100/90 (lampu dekat 90watt dan lampu jauh 100 watt), nah agar sesuai dengan standar maka kabel yang digunakan untuk headlight adalah kabel dengan ukuran 8AWG. Anda bisa saja menggunakan kabel dengan ukuran lain misalnya 7awg, 6 awg, 5 awg, namun sangat tidak efisien.

Namun sebaliknya penggunaan kabel dibawah standar adalah tidak disarankan, karena kabel dapat terbakar akibat tidak mampu menyalurkan arus yang besar.

Jadi jangan asal pilih kabel, pilih yang sesuai dan utamakan efisiensi :)

468 ad

1 Comment

  1. Vidi

    bung mau tanya, motor ane pake aki 12 volt 5A. lampu dpan pake lampu dg daya 60/55 klo g slh. . . pake klakson 4A 2 buah, yg dipasang relay disitu tulisannya 30A(g tau maksudnya) . . .
    1. kadang2 kalo lampu nyala (malam biasanya) aki lama2 tekor tapi kadang g juga. . .
    klakson jd g mau hidup. . .
    2. kemaren coba masang tachometer, tacho nya mau jalan, tapi kayanya aki tekor, klakson g ngangkat sama sekali, dari tacho ane pake kabel besar(pikirannya semakin besar kabel smakin bagus) tp kata tmn bisa jadi itu masalahnya, karena pake kabel besar arus jadi byk ngalir kesitu, yg lain kalah. .(apa hal ini benar)
    3. klakson ke relay dengan kabel kecil 2 yg q jadiin 1

    bingung mikir kelistrikan sekarang bagian tacho ma spedo g ane hidupin. .. dulu sempet mikir bagian pengisian aki yang kurang, wktu ane cek ke bengkel aki, katanya sih ok (ganti aki yg 7A jg masih bisa)

    tp wktu ane tes dg multi tester, *motor kondisi hidup, lampu nyala, tegangan 12V, trus ane pencet switch klaksonnya, klakson g nyala, tegangan turun jadi skitar 8V an. . .

    kira2 ini masalah ada di kabel / pengisian? atau aki?
    apakah efek dari penggunaan kabel dengan tebal yang berbeda2 (lerlalu besar diameter)?

Trackbacks/Pingbacks

  1. Alarm Mobil « Irpus25's Blog - [...] dan pemasangan yang benar dan mengikuti petunjuk yang diberikan oleh pabrik dan penggunaan ukuran kabel yang tepat maka hal ...
  2. Perangkat keamanan mobil | Dunia Bengkel dot Com - [...] dan pemasangan yang benar dan mengikuti petunjuk yang diberikan oleh pabrik dan penggunaan ukuran kabel yang tepat maka hal ...

Leave a Comment

5