Manfaat dari Transmisi Manual

Jul 11, 2010 by

Para pemilik mobil – mobil keluaran awal kebanyakan dibekali dengan trasmisi manual. Dimana untuk melakukan perpindahan dari satu tingkat kecepatan ke tingkat pecepatan yang lain digerakkan secara manual oleh sang sopir. Jadi disini dibutuhkan feeling dan ketepatan dari sang sopir kapan harus pindah gigi.

Tidak seperti mobil dengan transmisi namual, mobil dengan transmisi otomatis perpindahan dari satu percepatan ke percepatan yang lain sudah berlangsung secara otomatis berdasarkan putaran mesin. Semakin tinggi putaran mesin maka semakin tinggi tekanan hidrolis yang ada di mesin yang selanjutnya akan mendorong transmisi untuk berpindah dari percepatan yang rendah ke percepatan tinggi, begitupun sebaliknya.

Perlu di cek kondisi oli transmisi manual, meskipun jarang terjadi oli transmisi manual habis tapi apa salahnya melakukan pengecekan secara rutin. Karena jika sampai oli transmisi manual tersebut habis maka akibatnya akan terjadi keausan pada roda gigi transmisi yang selanjutnya akan menyebabkan transmisi tidak bekerja maksimal. Dan jika masalah ini kita biarkan berlarut – larut akibatnya akan fatal bagi mobil atau bahkan bagi kita selaku pengemudinya.

Memang saat kita melakukan servis rutin di bengkel mobil jarang komponen yang satu ini di periksa, biasanya servis rutin yang kita lakukan hanya memeriksa dan membersihkan komponen mesin. Kita bisa meminta mekanik bengkel mobil tersebut untuk memeriksa kondisi transmisi kita apakah masih bagus ataukah sudah mengalami keausan.

Selain melakukan pengecekan oli transmisi manual apa lagi yang harus kita lakukan? Sebenarnya transmisi tidak seperti kampas rem ataupun kampas kopling yang termasuk komponen fast moving. Tapi keausan bisa saja terjadi jika pemakaian kita salah. Kerusakan pada transmisi manual bisa kita deteksi dari perpindahan gigi yang susah ataupun juga keluar suara – suara berdecit dari dalam transmisi mobil kita.

Jika kondisi transmisi mobil kita sudah seperti itu coba carilah bengkel mobil dengan mekanik yang sudah berpengalaman. Memilih mekanik yang kompeten dan berpengalaman tujuannya agar penanganan transmisi mobil kita sesuai dengan kerusakannya. Karena mendeteksi kerusakan pada transmisi terhitung susah bagi menanik – mekanik yang belum mempunyai pengalaman dalam menangani transmisi.

Related Posts

Share This

468 ad

4 Comments

  1. fadielboys

    bro, wa tnya ni mslh dari perpindahan dari gigi 2 ke 3 dan ketika membalikan posisi gigi R ke posisi N kenapa agak susah ya perpindahannya? kira2 itu apa yg menjadi masalah?
    mohon penjelasannya

    • kemungkinan besar gigi sinkromis telah aus.. biasanya terjadi pada mobil keluaran tahun 70-80an

      deteksi paling ringan adalah coba setel kopling dulu, kemungkinan plat kopling udah tipis juga bisa

  2. eko

    saya ada pertanyaan nih, maklum buta mesin nih. mobil saya baleno tahun 2000. baru baru ini ada masalah dengan gigi mundurnya, susah sekali masuknya. kalau bisa masuk harus dimatikan mesinnya terlebih dahulu. sudah dicek kebengel deket rumah katanya kemungkinan masalahnya di matahari sama kain klos kopling. cuma kata temen saya kalau yang kena mataharinya mobil nga bisa jalan. nah masalah mobil saya ini cuma gigi mundurnya aja, gigi 1 s.d 5 normal emang jadi agak berat sih. kalo tarikan mobil sih nga ngaruh. ganti oli rutin bahkan untuk oli transmisi baru diganti 2 bulan yang lalu. trims

    • udah coba setel koplingnya bos..? mungkin panjangin sekitar 1-2cm lagi stut koplingnya, klo masih ngga berhasil coba periksa transmisinya bos.. ada yang namanya gigi sinkromis, kemungkinan itu yang kena

Trackbacks/Pingbacks

  1. Rem Mobil Piranti Penghenti Laju Mobil « Defrianumm's Blog - [...] kanvas rem biasanya setelah menempuh jarak 20 – 25.000 km, sedangkan untuk kendaraan dengan transmisi manual penggantian kanvas rem ...
  2. Merawat rem mobil | Dunia Bengkel dot Com - [...] kanvas rem biasanya setelah menempuh jarak 20 – 25.000 km, sedangkan untuk kendaraan dengan transmisi manual penggantian kanvas rem ...

Leave a Comment

5