Konsumsi BBM

Dec 15, 2010 by


Kondisi saat ini yang tidak menentu, kenaikan harga BBM yang selalu terjadi membuat kita berpikir ulang, bagaimana cara menghemat konsumsi bahan bakar mobil kita. Sehingga mobil irit dengan konsumsi bahan bakar yang hemat bisa terwujud.

Sebenarnya dari perilaku kta sehari-hari di jalan, kita bisa melakukan penghematan bahan bakar. Dengan menerapkan tips-tips berkendara yang benar kita sebenarnya bisa menghemat konsumsi bahan bakar kita, disamping juga melakukan servis mobil rutin.

Berkendara yang benar yaitu berkendara secara  konstan, jadi usahakan kecepatan kita melaju selalu sama jangan membuat akselerasi-akselerasi yang justru akan membuang bahan bakar kita secara percuma. Sehingga dengan merubah cara berkendara kita mobil irit bisa terwujud.

Disamping itu kondisi mesin juga perlu diperhatikan lakukan servis mobil rutin setiap bulan atau jika perlu setiap minggu. Tujuannya untuk mengecek dan mengembalikan kondisi mobil kita ke kondisi awal setelah dipakai selama beberapa waktu.
Lakukan pembersihan pada komponen pensuplay bahan bakar, sebenarnya komponen ini yang paling berperan dalam konsumsi bahan bakar. Untuk mobil-mobil lama yang menggunakan karburator sebagai pengkabut bahan bakarnya lakukan pembersihan kompoenen tersebut dari debu dan kotoran. Jika tidak bisa dilakukan sendiri pergilah ke bengkel mobil terpercaya untuk melakukannya.

Kondisi filter udara jangan dilupakan, sebagai pemasok udara bersih yang akan dikirim ke ruang bakar filter udara berperan untuk menyaring udara dari luar sehingga menjadi bersih. Jika filter tersebut tidak kita bersihkan maka daya penyaringannya tidak akan bisa maksimal lagi.

Jangan lupa juga cek kondisi oli pelumasan, jangan sampai mengalami kehabisan oli pelumasan karena akibatnya bisa fatal. Lakukan ganti oli mobil sesuai dengan ketentuan yang ada di manual booknya karena dengan penggantian oli mobil yang teratur akan menjaga mesin dari keausan.

Jika semua poin-poin servis mobil rutin tersebut sudah kita lakukan, mobil irit dengan konsumsi bahan bakar yang minim akan dapat kita wujudkan tanpa harus melakukan ubahan-ubahan pada mesin yang akan menambah pengeluaran kita.

468 ad

Leave a Comment