Kerusakan Rem

Dec 23, 2007 by

KERUSAKAN PADA SISTEM REM
MENCARI TAU GEJALA KERUSAKAN REM

Pada saat anda mengendarai kendaraan dari waktu ke waktu, anda pasti pernah merasakan perbedaan yang anda alami, kadang pedal rem terasa aneh, kadang terdengar suara berdecit, atau mungkin kejadian lain yang membuat kaget anda…wahh..kenapa nich.. Nah sekarang kita akan bahas apa yang bisa anda deteksi dari gejala rem tadi..

Pertama-tama kita harus mengetahui dulu bagaimana cara kerja rem, rem bekerja dengan merubah gaya gesek untuk menghentikan laju kendaraan. Pada saat anda menekan pedal rem, minyak rem akan mengalir ke pipa rem dan menekan piston dan diteruskan ke kampas rem, kemudian bergesekan dengan teromol atau cakram dan menghentikan laju putarannya. Semakin kencang tekanan yang diberikan pada pedal rem semakin kuat juga tekanan yang diberikan ke teromol atau cakram dan semakin cepat juga kendaraan berhenti. Nah sekarang anda sudah mengetahui bagaimana rem bekerja.

Setelah anda mengetahui cara kerja rem sekarang kita bahas masalah pertama, apa yang terjadi bila system rem mengalami kebocoran. Bila sistem rem mengalami kebocoran maka udara akan masuk kedalam sistem rem, dan pedal rem akan terasa “membal”. Seperti yang dikatakan ama “Bernouli” bahwa cairan dapat meneruskan tekanan tanpa kehilangan force (daya) sedikitpun. Nah jika sistem rem anda mengalami kebocoran maka tekanan pedal rem tidak aka sesuai dengan yang anda berikan karena ada udara didalamnya. Begitu juga bila kampas rem anda mulai tipis maka respon untuk berhenti akan semakin lama, karena jarak (gap) antara kampas dengan teromol atau cakram.

Sekarang kita akan bahas suara-suara yang terdengar pada saat anda mengendarai kendaraan :

1. Suara gesekan yang sangat keras (grinding/scratching)

Ini berarti anda dalam masalah besar.. biasanya suara ini terjadi karena kampas rem sudah habis, dan suara yang terdengar adalah suara gesekan antara besi kampas rem dengan teromol atau dengan cakram.

Kerusakan akibat gesekan ini sudah tidak dapat diperbaiki dan anda perlu merogoh kocek yang dalam untuk menebus seperangkat kampas rem dan teromol atau dengan cakram.

Untuk menghindarinya, lakukan pengecekan rem secara berkala, ganti kampas rem bila ketebalannya minimal 1mm untuk kampas rem belakang teromol, dan 3mm untuk kampas rem depan cakram.

2. Rem terasa menarik ke kiri atau ke kanan (brake pulls)

Ini berarti ada kebocoran pada salah satu kaliper rem, untuk mengetahui bagian mana begini caranya, bila rem terasa menarik ke arah kanan berarti kebocoran terjadi pada lawannya yaitu di sebelah kiri, karena kaliper sebelah kiri tidak mampu memberikan tekanan yang sama dengan yang kanan (ini dapat diartikan terjadi kebocoran di sebelah kiri) begitu juga sebaliknya.

Anda sudah mengetahui gejala yang sering dialami pada sistem rem, pastikan anda konsultasi dengan mekanik professional sebelum anda mencoba melakukannya sendiri, karena kesalahan pada sistem rem dapat berakibat kecelakaan yang sangat fatal bahkan kematian.

###articles###

Related Posts

Tags

Share This

468 ad

11 Comments

  1. atalim

    sy pengguna isuzu panther sporty 1997 rem mobil saya jarak mainnya terlalu sedikit, mohon petunjuknya, trims…

    • coba buang angin bos.. kemungkinan system rem anda kemasukan angin, bila masih belum berhasil, terpaksa harus bongkar roda, periksa apakah ada kebocoran pada “slave cylinder” rem ditiap roda

  2. eko

    gw punya isuzu panther grand touring 2008, masalahnya pada rem sebelah kanan depan sering mampet/lengket tetapi nggak full, tapi buat mobil jadi melambat dan lari ke kanan. dulu sudah pernah dibetulin, katanya karet mengembang, tetapi sudah diganti bagus sebentar, begitu lagi. apa penyebabnya bro, tolong sarannya.

  3. thalib

    Pak tolongin info gambar master break rem hidraulik..terutama penempatan sealnya…yang di dalam piston yg ada tabung cairannya…..terima kasih banyak

  4. rifki

    Rem mobil saya setiap pagi hari atau setelah parkir lama pada injakan pertama selalu ada bunyi-bunyian..ini pertanda kanvas remnya udah tipis atau krn piringannya yg kotor? mohon masukannya boss…tq

    • D.B

      mobil yang lama tidak dipakai dan tidak tersimpan dengan baik akan terjadi korosi terutama pada bagian rem, jadi biasanya memang terjadi bunyi rem beberapa saat, tidak lama setelahnya suara tersebut akan hilang, paling lama sekitar 4-5 kali pengereman

  5. soleh

    kalo gk pnya duit buat beli kanpa gimana masang nya gmn??

  6. zebul

    O…Maaf lupa. Rem pada mobil dan sistm hidrolik dan depan belakang mengunakan cakram. Salam Zebul

  7. zebul

    Saya mau nanya masalah rem. Klu diinjak pedal rem kadang enteng kadng keras dan klu keras rem ndak makem betul. Trims bgt

  8. D.B

    Ada yang perlu diketahui penyebab suara mati pada saat volume dibesarkan:
    a. alternator tidak cukup menyuplai arus listrik. (ini apabila anda melakukan test pada saat mobil hidup).
    b. ada kerusakan pada amplifier terutama pada bagian kapasitor.

    Untuk simbol pada terminal amplifier biasanya sebagai berikut :
    a. Power / (+) / Batt = untuk setrum langsung dari kutub positif aki
    b. Remote / Rem / M = untuk output setrum dari tape/head unit
    c. Grn / Ground / (-) = untuk kabel massa bodi atau negatif aki

  9. Gernowo

    Kepada Dunia Bengkel Dot Com

    saya memasang power ampli dimobil, ada keanehan kalau volume tape dibesarkan suara akan mati (tersendat-sendat) kenapa?
    perlu diketahui untuk sub terminal ke tenaga ada tiga terminal
    1 Gambar aki (+12v)
    2. Simbol M
    3. Ground

    yang saya tanyakan terminal m artinya apa?

    sebelum dan sesudahnya kami ucapkan terimakasih atas jawabanya

    salam
    Gernowo

Leave a Comment

5