Cara Kerja Alternator

Jul 19, 2008 by

Prinsip dasar Alternator pada kendaraan

Coba anda perhatikan gambar dibawah ini..

wiring1

Kunci kontak dialiri arus listrik (+) pada saat posisi ON

Lampu indikator menyala menandakan adanya arus dari battery (aki) ke alternator (saat ini alternator bersifat sebagai groound karena belum bekerja mensuply arus listrik ke accu)

Pada saat mesin dihidupkan, maka alternator akan berkerja untuk menggantikan fungsi aki – lampu indikator mati karena sekarang alternator bekerja dan menghasilkan arus listrik.

Perhatikan lampu CHG untuk mengetahui apakah alternator bekerja atau tidak. Bila lampu CHG menyala pada saat mesin hidup berarti alternator tidak bekerja.. segera periksa kerusakan ini, karena bila tidak mobil dapat mogok dijalan karena kehabisan setrum.

Related Posts

Tags

Share This

468 ad

31 Comments

  1. donny kusuma

    mohon pencerahan mas bro, mobil saya mitsubisi lancer dangan dohc th 90, akhir2 ini sering bermasalah dengan kelistrikannya, saat saya tarik lampu panjangnya mesin nyendat atau mati, kemudian saya bawa ke toko accu bermaksud untuk menggati accu krn apabila mobil tidak saya gunakan selama +- 4 accu tekor, tp pada saat di toko kata punggawanya accu saya tdk bermasalah, yg bermasalah alternatornya krn saat semua kelistrikan saya nyalakan pengisiannya dibawah normal, kemudian saya bawa ke service alternator dan ternyata benar, dilakukanlah perbaikan pada alternator, dengan menggati bostel krn sdh tipis, setelah alternator beres dan ampere normal pada saat semua kelistrikan dinyalakan kemudian saya bawa running test, ternyata pada saat saya tarik lampu panjang masalah tidak selesai begitu saja, masih terjadi nyendat, info lanjutan, kejadian ini tdk terus menerus terjadi, terkadang normal saat ditarik lampu panjang, tp terkadang muncul nyendat saat ditarik lampu panjang, semua kabel sdh saya check dan tdk ada yg ngefong ato konslet, saya mengunakan accu 12v 50amp, alternator standart 65amp, sound sytem standart pakai power 750w 1 buah wofer,head lamp 90/100, dulu pada saat saya menggunakan accu 12v 65amp tdk pernah muncul masalah seperti diatas…. atas pencerahannya saya haturkan terimakasih.

  2. aris

    mobil saya lampu CHG nya selalu hidup tapi sistem pengisiannya masih mengisi kenapa ya minta tolong solusinya trim

  3. Bye GTi

    Saya sudah menggunakan Bohlamp utk Head Lamp 90/100, pada saat lampu dinyalakan terlihat spt mesin terbebani dgn ditandai RPM menjadi turun, kemudian selain itu pengaruh dari pasang Remote/Alarm pada saat dibuka pintu Sein Hazzard langsung berkedip (mungkin ini hasil variasi dari bengkel Remote/Alarm yang sengaja dipasang) tetapi hal ini berpengaruh juga terhadap RPM mesin yang turun, seolah mesin terbebani juga. Apakah ini ada pengaruh dari alternator ?

    • Soeprapto

      Betul yang Anda katakan, hal tersebut terjadi karena energi yang tersimpan pada baterai Anda lebih kecil dibandingkan dengan beban yang terpasang saat itu sehingga alternator nya terbebani lang sung oleh beban. Jika kapasitas accu (AH) Anda lebih besar hal tersebut dapat diatasi. Ato bisa juga baterai Anda kemampuannya untuk menyimpang energi sudah menurun.
      Demikian sekedar sering dari saya, semoga bermanfaat

  4. sun mamer

    mobil saya alternatornya tanpa dioda maupun IC bagaimana cara memasangnya bila digantialternator yangf pakai IC

  5. Asgar Teknik

    Informasinya sangat membantu :)

  6. Admin

    waduh kok malah mundur sob.. lebih enak pake ic regulator kan ente ga perlu ngontrol lagi..

  7. numpang tanya ya… Mobil sy mit lancer dohc. Awalnya pakai ic regulator. Supaya mudah ngontrol danti part, saya mau ganti pakai regulator kontak point. Bgmana cara rakit kabelnya ? Terima kasih. Tolong dibantu ya.

  8. mau tanya dong…..mobil saya DX KE70, bagaimana cara ngecek apakah dinamo amperenya sudah mendukung pengisian aki, krna kal aac nyala terus menerus…aki drop,,,cara ngecek pakai clamp ampere bagaimana ya…thanks…

Leave a Comment

5